Friday, August 26, 2011

Menghitung Hari..


tiada apa yang dapat diucapkan..
apabila SYAWAL yang hampir tiba..


p/s~ malam besok ( 27/08/11 ) jam 9.00 malam..
bermula nya perjalanan dari Taman Meranti Indah ke Taman Kurnia Jaya..
bermula nya perjalanan daripada SELANGOR ke KELANTAN..
bermula nya perjalanan dari BARAT ke TIMUR..
bermula nya perjalanan selama 8 JAM..!!!???? (ADUS..)
SAKIT NYA..!!! B-)






apa2 hal pon..!!

Salam Merdeka Raya 2011..
Maaf Zahir Dan Batin..



Tuesday, August 23, 2011

Mencari Malam 1000 BULAN ( LAILATUL QADA') ...




Salah satu keistimewaan bulan Ramadhan adalah adanya satu malam yang lebih baik daripada 1000 bulan iaitu Lailatul Qadar. Apakah sebenarnya Lailatul Qadar ini? Kapankah datangnya? Apa tanda-tandanya? Mengapa orang mencarinya? Dan apa yang harus dilakukan ketika kita menemuinya?
Tulisan di bawah ini semoga bisa membantu dalam memahami lebih jauh tentang Lailatul Qadar dan bagaimana menyikapinya.

PERGERTIAN LAILATUL QADA'..
Allah Ta ‘ala berfirman: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) saat Lailatul Qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah Lailatul Qadar itu? Lailatul qadar itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar. “ (Al-Qadr: 1-5)
Allah memberitahukan bahwa Dia menurunkan Al-Qur’an pada malam Lailatul Qadar, yaitu malam yang penuh keberkahan. ”Sesungguhnya Kami menurunkannya (alQur’an) pada suatu malam yang diberkahi.” (Ad-Dukhaan:3) Dan malam itu berada di bulan Ramadhan, sebagaimana firman Allah Ta ‘ala: ”Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al- Qur’an. “ (Al-Baqarah: 185).
Ibnu Abbas -radhiallahu ‘anhu- berkata:
“Allah menurunkan Al-Qur’anul Karim keseluruhannya secara sekaligus dari Lauh Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah (langit pertama) pada malam Lailatul Qadar. Kemudian diturunkan secara berangsurangsur kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sesuai dengan konteks berbagai peristiwa selama 23 tahun.”

KEISTIMEWAAN LAILATUL QADA'..
Malam itu dinamakan Lailatul Qadar karena keagungan nilainya dan keutamaannya di sisi Allah Ta ‘ala. Juga, karena pada saat itu ditentukan ajal, rizki, dan lainnya selama satu tahun, sebagaimana firman Allah: “Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah.” (Ad-Dukhaan: 4)
Kemudian, Allah berfirman mengagungkan kedudukan Lailatul Qadar yang Dia khususkan untuk menurunkan Al-Qur’anul Karim: “Dan tahukah kamu apakah Lailatul Qadar itu?” Selanjutnya Allah menjelaskan nilai keutamaan Lailatul Qadar dengan firman-Nya: “Lailatul Qadar itu lebih baik dari pada seribu bulan.“
Beribadah di malam itu dengan ketaatan, shalat, tilawah, dzikir, do’a dsb sama dengan beribadah selama seribu bulan di waktu-waktu lain. Seribu bulan sama dengan 83 tahun 4 bulan.
Lalu Allah memberitahukan keutamaannya yang lain, juga berkahnya yang melimpah dengan banyaknya malaikat yang turun di malam itu, termasuk Jibril ‘alaihis salam. Mereka turun dengan membawa semua perkara, kebaikan maupun keburukan yang merupakan ketentuan dan takdir Allah. Mereka turun dengan perintah dari Allah. Selanjutnya, Allah menambahkan keutamaan malam tersebut dengan firman-Nya: “Malam itu (penuh) kesejahteraan hingga terbit fajar” (Al- Qadar: 5)
Maksudnya, malam itu adalah malam keselamatan dan kebaikan seluruhnya, tak sedikit pun ada kejelekan di dalamnya, sampai terbit fajar. Di malam itu, para malaikat -termasuk malaikat Jibril – mengucapkan salam kepada orang-orang beriman.
Dalam satu hadits shahih, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menyebutkan keutamaan melakukan qiyamul lail di malam tersebut. Beliau bersabda: “Barangsiapa melakukan shalat malam pada saat Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. “ (Hadits Muttafaq ‘Alaih)
Adapun maksud qiyamul lail di dalamnya yaitu menghidupkan malam tersebut dengan shalat tarawih, sholat tahajjud, membaca Al-Qur’anul Karim, dzikir, do’a, istighfar dan taubat kepada Allah Ta ‘ala.

WAKTU TERJADINYA LAILATUL QADA'..
Tentang waktunya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Carilah lailatul qadar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan.” (HR. Al-Bukhari, Muslim) Dan di kesempatan lain beliau bersabda: “Carilah Lailatul Qadar pada (bilangan) ganjil dari sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.” (HR. Al-Bukhari, Muslim dan lainnya).
Yang dimaksud dengan malam-malam ganjil yaitu malam dua puluh satu, dua puluh tiga, dua puluh lima, dua puluh tujuh, dan malam dua puluh sembilan.
Lalu kapan tanggal pasti lailatul qadar terjadi? Ibnu Hajar Al Asqolani rahimahullah telah menyebutkan empat puluhan pendapat ulama dalam masalah ini. Namun pendapat yang paling kuat dari berbagai pendapat yang ada sebagaimana dikatakan oleh beliau adalah lailatul qadar itu terjadi pada malam ganjil dari sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan dan waktunya berpindah-pindah dari tahun ke tahun (Fathul Bari, 4/262-266). Mungkin pada tahun tertentu terjadi pada malam kedua puluh tujuh atau mungkin juga pada tahun yang berikutnya terjadi pada malam kedua puluh lima, itu semua tergantung kehendak dan hikmah Allah Ta’ala. Wallahu a’lam.
Para ulama mengatakan bahwa hikmah Allah menyembunyikan pengetahuan tanggal pasti terjadinya lailatul qadar adalah agar orang bersemangat untuk mencarinya. Hal ini berbeda jika lailatul qadar sudah ditentukan tanggal pastinya, justru nanti malah orang-orang akan bermalas-malasan.

DOA KETIKA MENJUMPAI MALAM LAILATUL QADA'..
”Katakan padaku wahai Rasulullah, apa pendapatmu, jika aku mengetahui suatu malam adalah lailatul qadar. Apa yang aku katakan di dalamnya?” Beliau menjawab,”Katakanlah: ‘Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anni’ (Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku).” (HR Tirmidzi, Ibnu Majah)

TANDA-TANDA LAILATUL QADA'..
1. Udara dan angin sekitar terasa tenang. Sebagaimana dari Ibnu Abbas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Lailatul qadar adalah malam yang penuh kemudahan dan kebaikan,tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar tidak begitu cerah dan  nampak kemerah-merahan.” (HR Al Baihaqi)
2. Malaikat turun dengan membawa ketenangan sehingga manusia merasakan ketenangan tersebut dan merasakan kelezatan dalam beribadah yang tidak didapatkan pada hari-hari yang lain.
3. Manusia dapat melihat malam ini dalam mimpinya sebagaimana terjadi pada sebagian sahabat.
4. Matahari akan terbit pada pagi harinya dalam keadaan jernih, tidak ada sinar [yang menyilaukan]. Dari Ubay bin Ka’ab, ia berkata, ““Malam itu adalah malam yang cerah yaitu malam ke dua puluh tujuh (dari bulan Ramadlan). Dan tanda-tandanya ialah, pada pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa sinar yang menyorot.” (HR Muslim)
“Di bulan Ramadhan ini terdapat lailatul qadar yang lebih baik dari 1000 bulan. Barangsiapa diharamkan dari memperoleh kebaikan di dalamnya, maka dia akan luput dari seluruh kebaikan.” (HR. Ahmad 2/385)

Monday, August 22, 2011

Datang & Pergi..


pejam, celik..
pejam, celik..
pejam, celik..

tanpa kita sedari, ramadhan yang mulia,
telah bersama kita selama 22 hari..

dan tanpa kita sedari,
hanya tinggal seminggu lagi,
kita akan bersama dengan ramadhan yang mulia.. =(


dan tanpa kita sedari,
hanya tinggal seminggu lagi,
kita akan menyambut bulan SYAWAL..
bulan KEMENANGAN kita,
setelah kita telah mengharungi ibadat berpuasa selama sebulan..

hmm,,
bila tibanya bulan SYAWAL..
mesti banyak lagu-lagu raya yang sudah "berkumandang"..

antaranya,,

hmm,,
teringat di OLDTOWN WHITE COFFEE, CYBERJAYA..
pasang lagu raya bagaikan BESOK NAK RAYA..
KUAT GILER @ GILER KUAT..!!!!
=P

Friday, August 12, 2011

Biskut Raya..


aduhai..
puasa baru je nak masuk hari ke-12..
tapi aku niey..
dah fikir pasal biskut raya..

ye la kan..
kalau tahun lepas aku tidak dapat nak RAYA SAKAN..
kerana SPM (SIJIL PELAJARAN MALAYSIA)..

tapi  tak apa..
tahun niey aku nak berazam..
aku nak jugak raya sakan..
aku nak makan jugak biskut raya banyak-banyak..
hahahahhahahhahhahhahahaha.......

disini, aku akan senarai kan..
biskut raya yang aku wajib makan...

1. TAT NENAS..

2. BLUEBERRY CHEESE TART..

3. BATANG BURUK @ BUROK..

4. ALMOND LONDON..

5. BISKUT CHIP COKLAT..

6. BISKUT CONFLAKES..

7. BISKUT SEMPERIT..


8. BISKUT DAHLIA..

jadi,....
kepada anda-anda semua..
diharap mencuba tau.. =)

SALAM RAMADHAN..

SALAM AIDILFITRI..

Thursday, August 11, 2011

Ramadhan Terbaik..


Ramadhan terindah adalah Tahun ini,
Begitulah, kalimat yang aku ulang-ulang setiap ramadhan datang..
Ramadhan kali ini, menghadiahi aku sebuah puisi,
Puisi rindu kepada Pemilik Bulan ramadhan,
Puisi Syahdu yang hanya hadir menjelang Ramadhan datang..
Ramadhan Terbaik adalah Tahun ini,
Tahun ketika aku bisa berpuasa di dalamnya,
Tahun ketika aku kembali sholat tarawih,
dan Air mata taubat berlinang diantara sahutan sholawat pada sela-sela 20 rokaat tarawih,
Ramadhan ketika aku kembali bersujud dan menangisi kelemahanku sebagai manusia,
dan
mengakui betapa Hebatnya Tuhanku,
tuhan Pemilik segala Bulan,
Penguasa Lailatul qodar..
Ya Allah,
Ya Robb Penguasa Dunia dan Akhirat,
Terimakasih atas anugerah Terindah,
Mempertemukanku dengan Ramadhan,
melebihi Indahnya pertemuan dua kekasih hati..



BERTABURAN NIKMAT KURNIAAN ILLAHI..
SEPANJANG BULAN RAMADHAN..
DAN MALAM SERIBU BULAN..
SELAMAT DATANG , WAHAI RAMADHAN..


Tuesday, August 9, 2011

masalah "AKU"..??


KALAU BUKAN MASALAH AKU..
KALAU BUKAN SALAH AKU..
KALAU BUKAN AKU YANG BUAT..

KENAPA AKU YANG DIPERSALAHKAN..???

p/s~ KEPADA SESIAPA YANG BERKENAAN..!!
TOLONGLAH..!!
SAYA INGIN MENYUARAKAN ISI HATI SAYA..
SEBELUM BERKATA, FIKIRLAH MENGENAI PERASAAN SESEORANG ITU..!!
SEBELUM MENUDUH, BUATLAH SIASATAN DAHULU..!!



Thursday, August 4, 2011

Ramadhan oh Puasa..!!


pejam, celik..
pejam, celik..
pejam, celik..
sudah hari keempat kita berpuasa..
cepat masa dah berlalu..

hmmm,,..
apabila tibanya bulan ramadhan,
teringat pula kisah-kisah silam..
teringat kisah dengan kwan baik yg bernama Muhammad Khamarul B. Mokhtar..
sebelum perginya SOLAT TERAWIH,,
sempat lagi, kita org pergi tengok pertunjukkan main MERIAM dan MERCUN..


lokasi ~ belakang kedai megat motor dan gelanggang futsal..
masa ~ 7.50 malam - 8.30 malam..

hmmm,,.. tapi, itu semua nya kenangan-kenangan dahulu..
sekarang dah INSAF..!!

 
HUH..??
tiba nya bulan ramadhan..
teringat lirik lagu RAIHAN ft MANBAI ~ HARAPAN RAMDHAN..

Ku mengharapkan Ramadhan
Kali ini penuh makna
Agar dapat kulalui
Dengan sempurna

Selangkah demi selangkah
Setahun sudah pun berlalu
Masa yang pantas berlalu
Hingga tak terasa ku berada
Di bulan Ramadhan semula

Puasa satu amalan
Sebagaimana yang diperintahNya
Moga dapat ku lenturkan
Nafsu yang selalu membelenggu diri
Tiada henti-henti

Tak ingin ku biarkan Ramadhan berlalu saja
Tuhan pimpinlah daku yang lemah
Mengharungi segalanya dengan sabar
Kita memohon pada Tuhan diberikan kekuatan
Ku merayu pada Tuhan diterima amalan

Selangkah demi selangkah...
Dengan rahmatMu oh Tuhanku...
Ku tempuh jua....

setiap manusia mesti ada HARAPAN..
HARAPAN untuk berubah..
HARAPAN untuk mencari sinar yang baru dalam kehidupan kita..
semoga setiap harapan kita untuk RAMADHAN kali ini akan menjadi..
insyaALLAH..

hmm..  dengan ini..
saya ( mohamad hamdan haqqimi bin mohamad yasin ) ingin mengucapkan SELAMAT MENYAMBUT BULAN RAMADHAN AL -  MUBARAK..
                 semoga ramadhan kali ini, kita akan mendapat merasakan kerahmatan, kemuliaan dan kenikmatan yang bertambah daripada tahun-tahun sebelum ini..
               disini, saya ingin memohon kemaafan DARI TANGAN KE HATI... jikalau ada silap dan salah saya..
              dan, sesiapa yang ada membuat salah kepada mohamad hamdan haqqimi bin mohamad yasin.. saya maafkan dengan hati yang ikhlas dan terbuka..


SALAM RAMADHAN TAHUN 1432 HIJRAH....